LAPORAN PELAKSANAAN TUGAS POKOK DEWAN RACANA GUGUS DEPAN 01.001 RAJOLELO-01.002 FATMAWATI STAIN BENGKULU MASA BAKTI 2006-2007

I. PENDAHULUAN

A. UMUM

Dengan memanjatkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT, izinkanlah kami menyampaikan laporan pelaksanaan tugas pokok pelaksanaan rencana kerja Dewan Racana Gugus Depan 01.001 Rajolelo-01.002 Fatmawati STAIN Bengkulu priode 2006 - 2007 sebagai amanat Musyawarah Dewan Racana priode 2005 – 2006.
Musyawarah Dewan Racana MUDERA Ke XII Tahun 2007 dilaksanakan karena telah selesainya masa bakti Dewan Racana periode 2006-2007, maka dari itu perlu dilaksanakan Musyawarah Dewan Racana MUDERA Ke XII Tahun 2007 untuk mempersiapkan kaderisasi, rencana kerja dan kesinambungan Dewan Racana masa bakti 2007-2008
Laporan ini diharapkan dapat dijadikan sebagai bahan kajian penyusunan rencana kerja Dewan Racana Gugus Depan 01.001 Rajolelo-01.002 Fatmawati STAIN Bengkulu.

B. TUJUAN

1. Sebagai laporan pelaksanaan tugas pokok Dewan Racana Gugus Depan 01.001 Rajolelo-01.002 Fatmawati STAIN Bengkulu masa bakti 2006-2007
2. Sebagai bahan masukan penyusunan rencana kerja Dewan Racana Gugus Depan 01.001 Rajolelo-01.002 Fatmawati STAIN Bengkulu masa bakti 2007-2008

C. DASAR

1. Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 238 Tahun 1961 j.o Nomor 57 tahun 1988 tentang Anggaran Dasar Gerakan Pramuka
2. Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 080 tahun 1980 tentang Pola dan Mekanisme Pembinaan Pramuka Penegak dan pandega
3. Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 131 tahun 2003 tentang Petunjuk dan Penyelenggaraan Dewan Kerja
4. Hasil Musyawarah Dewan Racana Ke XI Tahun 2006

II. SASARAN RENCANA KERJA

1. Sasaran Pokok

a. Sasaran yang diarahkan pada pembinaan dan pengembangan Pramuka dan pandega yaitu :
1. Tersusunnya buku paduan atau rujukan kegiatan dan diktat yang menegaskan batasan materi kegiatan Pramuka Penegak dan Pandega.
2. Mempertahankan bahkan meningkatkan baik kualitas maupun kuantitas anggota Pramuka Penegak dan Pandega yang dititik beratkan pada penguasaan berbagai keterampilan perorangan.
b. Sasaran yang diarahkan dalam upaya meningkatkan fungsi Dewan Racana
1. Terlaksananya secara maksimal mekanisme Dewan racana STAIN Bengkulu.

2. Meningkatkan kualitas maupun kuantitas komunikasi baik dengan antar sesema anggota Dewan Racana STAIN bengkulu.
3. Terjadinya hubungan yang lebih harmonis antara Dewan Racana STAIN Bengkulu dengan Ka Mabigus dan Pembina dalam rangka membina dan saling pengertian antara kedua belah pihak. Hal ini dapat terlaksana dengan baik, bila di Dewan Racana STAIN Bengkulu sendiri memiliki suatu mekanisme dan tata kerja yang baik sehingga Dewan Racana STAIN Bengkulu dapat ikut serta terlibat aktif dalam sistem yang baik dan kondusif.
4. Memantapkan dan meningkatkan kerjasama dengan organnisasi pemuda, instansi pemerintah, dan pihak lain yang terkait sebagai mitra kerja Gerakan Pramuka.

2. Sasaran Bidang
a. Kepengurusan harian dan kesekretariatan
1. Membina komunikasi baik formal maupun informal dengan Ka Mabigus dan para Mabi serta Pembina.
2. Mengatur dan mengendalikan mekanisme kerja yang berkaitan dengan penguasaan seluruh anggota Dewan Racana dalam lingkup tugasnya
3. Meningkatkan fungsi kesekterariatan sebagai pusat informasi dan dokumentasi Dewan Racana STAIN Bengkulu.

b. Tekhnik Kepramukaan

Mengupayakan inventarisasi Petunjuk penyelenggaraan yang sudah ada, dengan tetap menempatkan Pola Pembinaan Pandega sebagai prioitas utama yang disesuaikan dengan kondisi Pramuka Pandega STAIN Bengkulu.

c. Kegiatan Operasional

Mengupayakan suatu kegiatan yang bersifat pengembangan potensi diri sehingga mampu mempublikasikan gerakan Pramuka pada umumnya. Pramuka Pandega pada khususnya baik dilingkungan Gerakan Pramuka maupun di masyarakat.

d. Pembinaan dan Pengembangan

Mengupayakan keselarasan pembinaan Pramuka Penegak dan Pandega dalam wadah-wadah yang ada baik di Gugus Depan , Satuan karya serta wadah lainnya dengan kondisi sosial, Budaya, Ekonomi, ilmu Pengetahuan, dan terknologi yang sedang berkembang di dalam masyarakat.
Selain itu perlu juga usaha memacu perkembangan potensi Pramuka Penegak dan Pandega kearah kewirausahaan.

e. Penelitian dan Evaluasi

Berupaya mengevaluasi data Potensi Pramuka Penegak dan Pandega yangn aktual dan akurat melalui sosialisasi sistem pendukung Dewan Racana terutama tugas Dewan Racana dalam sistem pelaporan serta adanya acuan evaluasi pelaksanaan tugas Dewan Racana STAIN Bengkulu.

III. IMPLEMENTASI KEGIATAN

Dalam rangka mewujudkan rencana kerja yang merupakan hasil Musyawarah Dewan Racana (MUDERA) Ke XII tahun 2007 yang terpadu, terencana, berkersinambungan, efektif, dan efisien, maka implementasinya memerlukan dukungan dan kiat-kiat sebagai berikut :

a. Menjadi kemauan dan kesepakatan bersama
Dalam melaksanakan Program kerja harus menjadi kemauan bersama dari Dewan Racana mengingat posisi Dewan Racana sebagai badan di Gugus Depan 01.001 Rajolelo-01.002 Fatmawati STAIN Bengkulu.

2. Dijabarkan kedalam Kegiatan Operasional
Program dan kegiatan-kegiatan latihan di gugus depan sebagai wahana panambahan pengetahuan bagi Pramuka pandegaSTAIN Bengkulu.

3. Dinilai Dengan Tolak Ukur Keberhasilan
Agar pelaksanaan Program kerja tahunan Dewan Racana dijabarkan, dinilai dan dievaluasi keberhasilan dan untuk memperoleh umpan balik secara optimal dan berkesinambungan maka perlu ditetapkan tolok ukur keberhasilan dan indikator kinerja yang disepakati oleh Dewan Racana


IV. RENCANA KERJA YANG TELAH DILAKSANAKAN

1. Tahun 2006-2007
- MUDERA Ke XI Tahun 2006
- Orientasi penerimaan Tamu Racana 2006
- PW-PTAI Nasional Tahun 2006 di Padang, Sumatera Barat
- Perti Kencana Nasional Tahun 2006 di Padang, Sumatera Barat
- Safari Romadhon di Desa Riak Siabun 2006
- Perjusami Tingkat Propinsi Bengkulu dalam Rangka Hut Gugus Depan 01.001 Rajolelo-01.002 Fatmawati STAIN Bengkulu 2007
- LUSTRUM V Di UNILA Bandar Lampung 2007
- KARTIKA Se –Belajasumba di Desa Sekarjaya Baturaja OKU Timur,
Sumsel 2007

V. RENCANA KEGIATAN YANG TIDAK TERRLAKSANA

- Kursus Mahir Dasar (KMD)
- PPL Kepramukaan

VI. KENDALA-KENDALA DAN PEMECAHANNYA

Dewan Racana STAIN Bengkulu dengan segala daya yang tersedia telah berusaha untuk menjalankan program kerja yang telah diamanatkan oleh MUDERA tahun 2006, tetapi dalam pelaksanaannya masih banyak terdapat kendala-kendala yang dihadapi sehingga tidak semua rencana tersebut dapat direalisasikan.
Kendala tersebut antara lain dalam melaksanakan mekanisme bidang bahan sepenuhnya dapat diterapkan. Karena maasih kurangnya kesadaran anggota, kesibukan baik dalam studi maupunn dalam bekerja.
Dari program kerja yang telah disusun sebagian besar adalah kegiatan yang bersifat partisipasi sedangkan kegiatan oprasional secara mandiri belum bisa terlaksana secara keseluruhan. Hal ini dikarenakan kurangnya dukungan baik moril maupun materil dari pihak Kampus.serta instansi terkait.
Dewan Racana STAIN Bengkulu berusaha meminimalkan kendala-kendala tersebut dengan melakukan pembinaan terhadap anggota selaku sumber daya utama melalui penyertaan anggota tersebut dalam setiap kegiatan.

VII. PENUTUP

Kami menyadari, bahwa begitu banyak hal-hal yang kita cita-citakan bersama tidak dapat kami wujudkan.. dan kami yakin kakak-kakak dapat melihat langsung apa yang telah kami perbuat.
Terima kasih atas dukungan dan kepercayaan yang telah kakak-kakak berikan kepada Dewan Racana STAIN Bengkulu. Semoga Kepengurusan Dewan Racana STAIN Bengkulu diperiode mendatang lebih baik dan lebih maju.
Semoga Allah SWT selalu memberikan rahmat, hidayahnya, dan bimbinganNya kepada hamba-hambaNya yang beriman.

Dewan Racana
01.001 Rajolelo-01.002 Fatmawati
Pangkalan STAIN Bengkulu

Bengkulu, 16 JUNI 2007



Charles
Ketua Dewan Racana Pa


Eni Yunaini
Ketua Dewan Racana Pi

Komentar

Postingan populer dari blog ini

JOB DESC PENANGGUNG JAWAB KEGIATAN

PROPOSAL KEGIATAN HARI ULANG TAHUN (HUT) KE-XV GUGUS DEPAN 01.001 RAJOLELO-01.002 FATMAWATI STAIN BENGKULU

Dialog Kakak Pembina dengan Perantara Kanan/ Kiri